Jumat, 11 Mei 2012

Orang Tua Siswa Sebagai Mitra Guru……

Cara Ampuh Jadikan Orang Tua Siswa Sebagai Mitra Anda Sebagai Guru.................

Hubungan orang tua siswa dan guru selalu menarik untuk diperbincangkan. Sepanjang pengalaman saya mengajar, mengikut sertakan peran aktif orang tua sangat membantu perubahan anak didik kita di kelas. Dalam menjadikan orang tua sebagai mitra ada banyak factor dan sebab yang berperan. Apa saja itu? 5 hal dibawah ini sakan menjawab keinginan tahuan anda. Jika anda punya hal lain berdasarkan pengalaman anda selama ini, ayo berbagi dengan saya lewat kolom komentar



1. Komunikasi, komunikasi dan komunikasi


Komunikasi yang terbuka dan selalu sediakan waktu untuk orang tua siswa itu penting membangun rasa percaya. Jikalau ada perbuatan guru yang salah, akui saja. Guru profesional berjiwa besar dan mau berusaha perbaiki kesalahan. Guru yang baik akan senang mengabarkan proses, hindari mengabarkan orang tua siswa kalau pembicaraan hanya mengenai nilai yang kurang dan kelakuan siswa yang minus. Sepanjang pengalaman saya orang tua siswa mengeluh karena guru kurang komunikatif, so let’s improve our communication skill .


2. Mau mendengar dan mengambil tindakan


Orang tua siswa juga manusia, mereka suka jika didengarkan dan guru lakukan ‘action’ jika ada hal yang dirasa kurang. Saat orang tua mengeluh, dengarkanlah, tunjukkan anda peduli dan mudahlah meminta maaf jika ada hal yang dirasa belum sesuai dengan harapan mereka. Orang tua siswa mengeluh itu biasa, guru yang lari dari masalah, mau menang sendiri itu yang jangan sampai terjadi


3. Bagaimana anda perlakukan siswa anda sehari-hari di kelas


Perlakukan siswa dengan hormat, jaga harga diri mereka, dijamin hubungan guru dan orang tua siswa harmonis. Jika murid anda bandel, susah diatur, lambat belajarnya, itukan sekarang. Percayalah pada jalannya proses, tugas guru iringi siswa berproses dalam suasana yang positif.


4. Gunakan teknologi untuk berkomunikasi


Jaman sekarang guru hanya mau dihubungi lewat tatap muka? bukan jamannya lagi yuk gunakan teknologi saat berkomunikasi orang tua siswa. Bukan berarti anda mesti angkat setiap telepon dari orang tua, lewat sms misalnya cukup bagi guru dan orang tua siswa berkomunikasi. Hal yang paling dilihat orang tua dari kemauan anda dihubungi dan berkomunikasi lewat teknologi adalah itikad baik anda untuk peduli, berempati dan bersedia dijadikan mitra dalam mendidik anak-anak mereka.


5. Rasa percaya inti dari pola kemitraan antara guru dan orang tua siswa


Sering dikeluhkan orang tua siswa ? segera berkaca, mungkin saja kita belum bisa raih rasa percaya siswa kita sendiri. Guru dan orang tua siswa mesti saling percaya, bahwa masing-masing ahli dibidangnya. Guru ahli mengajar/mendidik sedangkan orang tua siswa ahli masalah anaknya, bayangkan dari rahim mereka murid anda lahir. Orang tua siswa peduli itu bagus, bahkan jika mereka cuek pun bagus juga, karena tugas guru jadi lebih bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar