Jumat, 04 Oktober 2013

KESAN DAN PESAN PESERTA SELAMA MENGIKUTI OLIMPIADE PASAR MODAL

Peserta Pasar Modal Nasional Tahun 2013
Penuturan  Three Putri Welha (XI IPS.1)

Pada tanggal 28 September 2013, sepulang saya dari mesjid SMA negeri 3 Sengkang. Tiba-tiba saya mendapat kabar dri teman-teman sekelas saya bahwa, saya bersama HAJWAD NURBEITI dengan SUPARDI bahwa kami dari perwakilan kelas XI.IPS 1 di utus untuk mengikuti lomba olimpiade pasar modal  di Makassar untuk membawakan nama baik SMA negeri 3 Sengkang Uggulan kabupaten Wajo. Lombanya akan diadakn pada tanggal 3 October 2013. Dan pada saat itu saya sempat kaget karena waktunya tinggal beberapa hari lagi sedangkan materi tentang pasar modal belum pernah dipelajari sedikit pun. Tapi kami dan Pembina ekonomi yaitu Bapak NURDIN M, S.Pd sekaligus wali kelas XI.IPS 1, setiap sore kami selalu mengikuti bimbingan pasar modal bersama bapak dengan penuh semangat dan selalu optimis untuk menjadi juara. Walaupun materinya belum terlalu kami pahami tapi kami tetap selalu berusaha untuk memebrikan yang terbaik untuk sekolah kami tercinta dan bahkan untuk membanggakan orang tua dan keluarga kami.

Pada hari rabu siang tanggal 2 october 2013 tepatnya pada pukul 12.00 saya dan SUPARDI diberikan surat izin dari bapak NURDIN untuk pulang secepatnya ke rumah mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa ke Makassar pada sore itu. Sorenya sekitar pukul 15.00 saya pun bergegas  ke rumah tante saya di Salojampu untuk menunggu bapak dan teman-teman saya menjemput saya yang akan berangkat ke Makassar, walaupun di perjalanan saya mendapatkan banyak rintangan mulai ban motor saya kempes, kaca spion motor saya jatuh sehingga cerminnya pecah dan bahkan parahnya jembatan yang menghubumgkan jalanan dari salojampu menuju rumah saya itu putus jadi  terpaksa saya dan motor saya harus naik perahu untuk menyebrang ke salojampu begitupun sebaliknya. Tetapi saya pun tidak pernah mengeluh dan putus asa dalam menghadapi semunya, saya tetap optimis untuk pergi ke Makassar mengikuti olimpiade pasar modal tersebut.

Sesampainya di rumah tante saya, kira-kira 15menit mobilnya pun datang menjemput saya. Saya pun langsung naik ke dalam mobil ternyata yang di dalam mobil ada pak RAHMAN dan pak NURDIN, pak RAHMAN yang nyetir mobilnya sedangkan pak NURDIN duduk di depan di samping kiri, selain pak RAHMAN  dan pak NURDIN  ada  teman-teman saya, yaitu  saya dan HAJWAD duduk di bagian tengah dan SUPARDI duduk sendiri dibelakang yang hanya ditemani koper-koper kami semua.

Perjalanan dari kota Sengkang ke Makassar kira-kira membutuhkan waktu 7 jam perjalanan. Ditengah perjalanan saya, Hajwad, dan Pardi membuka buku dan mempelajari kembali materi tentang pasar modal yah cuam sebagian saja yang masuk di otak kami, karena kepala kami semua sudah merasa pusing di dalam mobil, tanpa disadari kamipun tertidur lelap. Sekitar pukul 19.00  WITA malam kami singgah beristirahat makan dan shalat di WARKOP CIJANTUNG sebelum melanjutkan perjalanan kami.Sekitar pukul 23.00 WITA kami berlima sampai di Makassar, dan kami memutuskan untuk menginap di rumah salah satu kakak alumni SMA  3 SENGKANG. Setelah sampai di kamar, saya dan Hajwad  berbincang-bincang  beberapa saat sebelum tidur.

Pagi hari yang di tunggupun tiba, setelah mandi dan berpakaian kami menuju ke tempat olimpiade yaitu di SMA 17 MAKASSAR. Saat sampai di gerbang saya merasa sangat senang  karena disana kami bertemu  dengan  teman-teman dari SMA 2 sengkang dan kami juga  mempunyai teman baru yang berasal dari SMA 1 BELAWA. Bukan hanya itu kami semua mendapat pelajaran yang banyak sewaktu disana Saat panitia datang kami  merasa kagum karena mereka mempunyai usia yang bisa terbilang masih muda dan menjadi kepala cabang PASAR MODAL di Makassar. Saat soal di bagikan aku mengerjakannya dengan serius dan penuh konsentrasi, yahh walaupun aku tidak mengerti dengan beberapa istilah yang ada.

Setelah mengerjakan soal, aku dan teman-teman di suruh menunggu untuk menunggu pengumuman pemenang yang akan di umumkan. Setelah menunggu -+2 jam akhirnya para panitiapun datang dan mengumumkan para pemenangnya. Selamat bagi para pemenang yaitu SMA 1 palopo sebagai juara 3 , SMA 5 makale sebagai juara 2 , dan SMA 15 makassar yang keluar sebagai juaranya. Memang ada rasa kecewa yang saya bertiga rasakan karena kami tidak bisa membawa hasil yang memuaskan untuk sekolah, tapi di setiap pertandingan pasti  ada yang menang dan yang kalah, jadi ikhlaskan saja. Dan ini pun menjadi suatu motivasi bagi diri saya dan teman-teman saya untuk menjadi yang jauh lebih baik lagi.

Sedari SMA 17 makssar, kami menuju ke kantor cabang BURSA EFEK INDONESIA di jln.AP PETTARANI Makassar, akan tetapi kantor itu tertutup karena karyawan sedang istirahat dan kami di suruh kembali pada pukul 14.00. setelah dari kantor cabang bursa efek, kami pergi ganti pakaian di kantor DEPARTEMEN TINGGI AGAMA dan disana Pak Nurdin bertemu dengan teman lamanya yang tidak pernah beliau temui selama 23 tahun. Setelah selesai ganti pakaian kami pergi beristirahat di salah satu masjid sekalian shalat dzuhur di sana.

Jam sudah menunjukkan pukul 14.00 WITA  kami kembali ke kantor bursa efek, disana kami berfoto bersama, dan kami di perbolehkan masuk ke perpustakaannya. Di perpustakaan, ada sebuah lemari besar yang isinya skripsi dari mahasiswa – mahasiswi dari jurusan ekonomi seluruh universitas yang ada di Makassar. kami tidak berlama-lama disana, kami langsung berangkat ke Mall PANAKUKANG. Disana kami berlima berpencar dan bertemu kembali d tempat parkiran pada pukul 16.30. banyak kejadian lucu terjadi di MALL, mulai dari SUPARDI yang kaget gara-gara tangannya di tarik oleh salah satu SPG, berfoto-foto ria yang akhirnya membuat dompetku, hajwad, dan supardi menjadi minus dan cerita waktu aku dan hajwad hampir tersesat di dalam Mall.

Waktu sudah menunjukkan waktu 17.00 wita. Kami berlima pun memutuskan kembali ke sengkang. Pada pukul 20.30 kami kembali beristirahat  di warkop cijantung. Disana, supardi menumpahkan air kobokan sehingga salah satu pegawai disana hampir jatuh di buatnya. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kami kembali menuju sengkang. Di dalam perjalanan kami dan bapak di dalam mobil saling menceritakan pengalaman-pengalaman yang didapatkan tadi selama di Makassar, dan bahkan lucunya ternyata pak Rahman punya saudara kembar yang tinggal di Makassar yang hamper membuat saya malu karena saya mengiranya pak rahman ternyata itu kembarannya pak rahman, di situlah kami tertawa terbahak-bahak semua di dalam mobil. Dan setelah itu bapak pun langsung mengatakan kepada kami semua bahwa walaupun kami tidak mendapatkan juara tetapi kami semua harus tetap semangat dan harus tetap bangga untuk sekolah kita tercinta karena SMA 3 sengkang masih di berikan undangan untuk mengikuti lombanya, ini semua sebuah pembelajaran yang baik untuk kita semua.

KESAN : aku jadi lebih tahu tentang pasar modal,  dan telah melihat langsung bursa efek yang ada di Makassar walaupun tidak banyak tapi aku sudah mengetahui dasar-dasar dari pasar modal. Dan juga telah dapat melihat langsung tentang bagaimana cara-cara dalam mengelola bursa efek pasar modal.  Dan Aku juga dapat pengalaman yang berharga bersama teman-teman dan itu semua tidak akan pernah aku lupakan.

PESAN: bagi teman-teman dan adik-adik yang ingin mengikuti olimpiade pasar modal sebaiknya belajar jauhlah dari sebelum hari Hnya. Karena apabila ada sesuatu yang akan dilakukan dan dan dipelajarai sebelum-sebelumnya yang didasari dengan niat yang baik dan usaha yakinlah pasti anda akan mendapatkan hasil yang baik juga. Tetapi jika anda memang tidak dapat keluar jadi seorang juara tapi janganlah langsung cepat berputus asa karena kekalahan bukan akhir dari segalanya, masih ada hari esok yang menunggu kita. SALAM ANAK SOSIAL, ANAK SOSIAL JUGA BISA. (Three Putri Welha)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Penuturan Hajwad Nurbaety (XI IPS.1)

pada hari sabtu tanggal 28 september aku mendapat kabar dari salah satu temanku jika aku dipilih sebagai salah satu peserta olimpiade pasar modal di Makassar pada tanggal 3 oktober. Awalnya aku sempat tidak percaya kalau aku dipilih sebagai salah satu peserta yang akan mewakili SMAN 3 SENGAKNG ke Makassar untuk mengikuti olimpiade itu, karena jujur aku tidak tau apa-apa tentang pasar modal pada saat itu.

Setelah mendengar kejelasan dari bapak Pembina yaitu pak NURDIN M, Spd, aku baru parcaya dan tidak berhenti bersyukur karena hal itu. Akhirnya pada tanggal 30 september pukul 15.30 Wita aku bergegas ke sekolah untuk mendapat bimbingan, aku tidak sendiri mengikuti bimbingan itu, tapi aku bersama kedua temanku yaitu THREE PUTRI WELHA dan SUPARDI yang juga akan mengikuti olimpiade yang sama. Kami bertiga menerima bimbingan dengan serius dan tidak main-main. Kami hanya mendapat pelatihan selama 3 hari yaitu hari senin,selasa,dan rabu. Walaupun kami bertiga tidak begitu mengusai materi, tetapi kami tetap bertekad dan akan melakukan semuanya dengan semaksimal mungkin agar kami dapat menjadi kebanggaan bagi sekolah dan orang tua kami.

Pada hari rabu sore tanggal 2 oktober sekitar pukul 14.00 wita tepatnya sepulang sekolah, aku bergegas pulang dan menyiapkan perlengkapanku untuk ke Makassar, setelah beres ,aku meminta tolong pada sahabatku yaitu MUH.IHSAN SUMARNO untuk mengantarku ke rumah pak NURDIN M,Spd. Disana aku menunggu sekitar 30 menit. Tak lama setelah Pak RAHMAN datang, aku, dan kedua Pembina yaitu pak RAHMAN dan pak NURDIN berangkat ke Makassar, tapi sebelum itu kami menjemput SUPARDI di ulugalung dan PUTE’ (THREE PUTRI WELHA) di salo’ jampu.

Perjalanan ke Makassar membutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Dimobil, aku sempat belajar sedikit yahh walaupun bisa dibilang hanya 0,1% yang masuk ke otak karena rasa kantuk yang mulai melanda. Sekitar pukul 9.00 malam kami singgah beristirahat dan shalat di WARKOP CIJANTUNG sebelum melanjutkan perjalanan kami.Sekitar pukul 23.00 wita kami berlima sampai di Makassar, dan kami memutuskan untuk menginap di rumah salah satu kakak alumni SMA  3 SENGKANG. Setelah sampai di kamar, saya dan pute berbincang beberapa saat sebelum tidur.

Pagi hari yang di tunggupun tiba, setelah mandi dan berpakaian kami menuju ke tempat olimpiade yaitu di SMA 17 MAKASSAR. Saat sampai di gerbang saya merasa sangat canggung dan exited karena disana aku bertemu teman lamaku waktu SMP dan mempunyai teman baru yang berasal dari SMA 1 BELAWA. Saat panitia datang aku merasa kagum karena mereka mempunyai usia yang bisa terbilang masih muda dan menjadi kepala cabang PASAR MODAL di Makassar. Saat soal di bagikan aku mengerjakannya dengan serius dan penuh konsentrasi, yahh walaupun aku tidak mengerti dengan beberapa istilah yang ada.

Setelah mengerjakan soal, aku dan teman-teman di suruh menunggu untuk menunggu pengumuman pemenang yang akan di umumkan. Setelah menunggu -+2 jam akhirnya para panitiapun datang dan mengumumkan para pemenang. Selamat bagi para pemenang yaitu SMA 1 palopo sebagai juara 3 , SMA 5 makale sebagai juara 2 , dan SMA 15 makassar yang keluar sebagai juaranya. Memang ada rasa kecewa yang saya bertiga rasakan karena kami tidak bisa membawa hasil yang memuaskan untuk sekolah, tapi di setiap pertandingan pasti  ada yang menang dan yang kalah, jadi ikhlaskan saja.

Sedari SMA 17 makssar, kami menuju ke kantor cabang BURSA EFEK INDONESIA di jln.AP PETTARANI Makassar, akan tetapi kantor itu tertutup karena karyawan sedang istirahat dan kami di suruh kembali pada pukul 14.00. setelah dari kantor cabang bursa efek, kami pergi berganti pakaian di kantor DEPARTEMEN TINGGI AGAMA dan disana Pak Nurdin bertemu dengan teman lamanya yang tidak pernah beliau temui selama 23 tahun. Setelah dari berganti pakaian kami pergi beristirahat di salah satu masjid sekalian shalat dzuhur di sana.

Jam sudah menunjukkan pukul 14.00 kami kembali ke kantor bursa efek, disana kami berfoto bersama, dan kami di perbolehkan masuk ke perpustakaannya. Di perpustakaan, ada sebuah lemari besar yang isinya skripsi dari mahasiswa – mahasiswi dari jurusan ekonomi seluruh universitas yang ada di Makassar.kami tak berlama2 disana, kami langsung berangkat ke Mall PANAKUKANG. Disana kami berlima berpencar dan bertemu kembali d tempat parkiran pada pukul 16.30. banyak kejadian lucu terjadi di MALL, mulai dari SUPARDI yang kaget gara-gara tangannya di tarik oleh salah satu SPG, berfoto-foto ria yang akhirnya membuat dompetku, pute, dan supardi menjadi minus :D, hampir membeli ice cream yang mahalnya bukan main, dan cerita waktu aku dan pute hampir tersesat di dalam Mall.

Waktu sudah menunjukkan waktu 17.00 wita. Kami berlima pun memutuskan kembali ke sengkang. Pada jam 20.30 kami kembali beristirahat  di warkop cijantung. Disana, supardi menumpahkan air kobokan sehingga salah satu pegawai disana hampir jatuh di buatnya. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kami kembali menuju sengkang.

Kesan : aku jadi lebih tahu tentang pasar modal, walaupun tidak banyak tapi aku sudah mengetahui dasar-dasar dari pasar modal. Aku juga dapat pengalaman yang berharga bersama teman-teman dan itu tidak akan pernah aku lupakan.

Pesan : bagi teman-teman atau adik yang akan mengikuti olimpiade semacam ini, belajarlah jauh hari sebelum hari H karena hal itu akan lebih memperdalam pengetahuan kita tentang materi yang akan di olimpiadekan, tetap semangat, yakin, berusaha, dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kita dimudahkan dalam segala urusan kita. (Hajwad Nurbaety)