Selasa, 07 Maret 2023

Kleptomania dan Tindakan Pencurian

“Berbeda dengan tindakan pencurian, tindakan kleptomania biasanya tidak direncanakan. Selain itu, tindakan kleptomania kerap mengambil barang-barang yang tidak bernilai.”

Ketahui Perbedaan Kleptomania dan Tindakan Pencurian
Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini ramai diperbincangkan seorang wanita yang mencuri dua batang cokelat dan sampo di sebuah minimarket. Pada video yang beredar, terlihat wanita tersebut mengendarai sebuah mobil mewah. Kemudian, banyak masyarakat yang bertanya-tanya, apa alasan wanita tersebut mencuri? 

Banyak yang mengatakan bahwa wanita tersebut mengidap kleptomania. Kondisi ini merupakan ketidakmampuan seseorang untuk menahan dorongan mengambil barang-barang bukan miliknya yang biasanya tidak dibutuhkan atau bernilai kecil. Nah, yuk kenali lebih banyak perbedaan antara kleptomania dan tindakan pencurian melalui ulasan berikut ini!

Mengenal Kleptomania
Kleptomania adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang perlu mendapatkan penanganan secara tepat. Seseorang yang mengidap penyakit ini biasanya tidak memiliki kemampuan untuk menahan dorongan dan keinginan mengambil barang-barang yang bukan miliknya. Biasanya, mereka juga tidak akan membutuhkan barang tersebut dan umumnya barang yang diambil bernilai kecil.

Ini adalah jenis gangguan kontrol impuls yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang mengontrol emosi dan perilakunya. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang membuat seseorang mengalami gangguan mental ini. Namun, kondisi ini bisa terkait dengan beberapa hal, seperti adanya gangguan pada neurotransmitter yang disebut sebagai serotonin. 

Serotonin membantu mengatur suasana hati dan emosi dalam tubuh. Jika kadar serotonin terlalu rendah, kondisi ini membuat seseorang menjadi lebih rentan mengalami tindakan impulsif.

Selain itu, pengidapnya juga rentan mengalami gangguan adiktif. Kondisi ini bisa terjadi ketika kadar dopamin dalam tubuh meningkat setelah mengambil barang sehingga memberikan sensasi menyenangkan dan adiksi. Inilah yang membuat tindakan kleptomania kerap dilakukan berulang oleh pengidapnya.

Perbedaan Kleptomania dan Tindakan Pencurian
Kleptomania berbeda dengan tindakan pencurian. Nah, beberapa aspek yang membedakan kleptomania dan tindakan pencurian antara lain:

Pengidap Kleptomania Biasanya Mengambil Barang yang Tidak Bernilai
Biasanya, pengidap gangguan mental ini akan mengambil barang-barang yang tidak terlalu bernilai, bahkan bagi dirinya sendiri. Sedangkan, tindakan pencurian biasanya menargetkan untuk mengambil berbagai jenis barang yang berharga milik orang lain.

Tindakan Kleptomania Tidak Direncanakan
Berbeda dengan pencurian yang biasanya dilakukan dengan perencanaan, tindakan kleptomania biasanya dilakukan secara spontan. Hal ini karena dorongan mengambil barang tertentu tiba-tiba muncul dan tidak dapat ditahan. Bahkan, jika pencurian bisa dilakukan lebih dari satu orang, kleptomania hanya dilakukan oleh satu orang saja.

Perasaan yang Dirasakan Setelah Mencuri
Pengidap gangguan mental ini akan merasakan perasaan lega, puas, dan senang setelah mengambil barang tertentu. Berbeda dengan tindakan pencurian yang membuat pelakunya merasa takut dan cemas sehingga tidak jarang bersembunyi setelah melakukan pencurian.

Barang yang Dicuri Mampu untuk Dibeli
Seperti ramai yang beredar, wanita yang diduga mengidap kleptomania ini menggunakan mobil mewah mencuri dua batang cokelat. Ini bisa menjadi salah satu tanda kleptomania, karena pengidap kleptomania biasanya mengambil barang-barang dengan nilai atau harga yang sebenarnya mampu untuk mereka beli.

Barang yang Dicuri Tidak Digunakan
Jika pencuri akan menggunakan barang yang dicuri sesuai dengan kebutuhannya, pengidap gangguan mental ini malah tidak akan menggunakan barang yang diambil. Bahkan, mereka bisa saja memberikan barang tersebut untuk orang lain.

Itulah beberapa perbedaan mengenai kleptomania dan tindakan pencurian yang perlu kamu ketahui. 

Tidak ada komentar:

POSTINGAN UNGGULAN

nnnnn

 nnnnn