Kamis, 21 Januari 2016

BALE BUNGO


Teman-teman, Ngobrol yuuuk..
Admin mau cerita tentang Bale Bungo. Mau ??
Lumayan bisa nambah informasi Teman-teman pagi ini
Selain itu, juga untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul, seperti:
“Bale Bungo itu apa sih?”
“Sejenis ikan Bolu (bandeng) kah, ikan gabus, atau BT-BT (baca: bete-bete)?”


“Itu ikan dari Sumatera, kah?”
“Kok namanya Bungo?”
“Waah, dia makan bunga ?!”
Ehhehehe....lucu ya (>___<)
Tapi kalo dipikir, wajar juga sih ada berkomentar seperti itu.
Secara, ikan khas Danau Tempe ini kan belakangan baru muncul di layar kaca.
Eeehhh....*layar gadget Anda maksudnya kiki emotikon
So, teman-teman yang mau menyelami lebih dalam potensi Danau Tempe yang satu ini,
silahkan sediakan dulu kopi/teh, cemilan, makanan, daaan jangan lupa pelampung Anda. Hehe....*bercanda
Sudah siap??
Simak baek-baek.... Admin mulai ceritanya
Bale Bungo terdiri dari dua suku kata, Bale dan Bungo. Bale berasal dari bahasa Bugis yang berarti ikan. Sementara Bungo adalah nama pemberian dari masyarakat sekitar Danau Tempe sejak zaman dahulu. Jadi.... Bale Bungo itu apa?? *jawab sendiri ^_^v
Bale Bungo tergolong ikan purba loh, teman-teman. Subhanallah ya, tidak punah dimakan zaman, everlasting hingga kini. Yang bikin takjub, si ikan ini adalah 100% populasi asli Danau Tempe!! Iyaaa, Danau Tempe yang ada di peta INDONESIA, lebih tepatnya di pulau yang berbentuk K itu (baca:Sulawesi).
Nah, kurang bangga apalagi coba sama produk lokal?? Cuma ada di SulSel loh ini.
Bicara soal populasi Danau Tempe, kalau mau dianalogikan, Bale Bungo ini seperti“tuan tanah”atau juragannya Danau Tempe lah, ikan yang lain cuma “ngontrak”sebagai“kaum urban”atau imigran. Hehehe.....
Btw, sudah pernah lihat Bele Bungo, belum? Oh masih ada yang belum. Admin jelaskan sedikit kalo begitu. Bentuk tubuh Bale Bungo silindris dengan kepala, agak flat dan memiliki tipe mulut superior. Pada bagian siripnya terdapat titik kecil berbentuk belang membujur. Warnanya kuning kecoklatan dengan totol hitam. Sirip ekornya membulat dan berpola putih kehitaman. Di punggungnya ada 2 sirip yang saling berdekatan.
Gimana, sudah ada gambaran? Kalo masih bluuur juga, googling aja pake keyword (kata kunci) ini:
~ Bar-eyed Goby
~ Tank Goby
~ White Goby
~ atau Flathead Goby
Keyword di atas bukan mantra yang sering diucapkan dalam film Harry Pott*r loh ya. Itu adalah nama beken dari Bale Bungo atau yang biasa disebut Ikan Beloso (oleh masyarakat Jawa Timur). Anti mainstream banget yak namanya?? Jangan tanya kenapa !!
Oy, Teman-teman sudah tahukah fakta menarik dari Bale Bungo? Ternyata ikan yang hidup di air tawar berlumpur ini, memiliki kandungan protein yang tinggi dan dipercaya memiliki banyak khasiat. Khasiat apa saja kah itu?? Bale Bungo ternyata dapat meningkatkan libido pria, dan memiliki kandungan omega 3 yang berfungsi untuk mengatasi pikun, menstabilkan kolesterol, serta mengatasi penyakit jantung dan asma.
Itulah sebabnya, pada zaman dahulu kala Bale Bungo hanya disantap oleh kalangan raja dan para petinggi negeri saja. Waaah... Beruntunglah kita-kita ini yang mengkonsumsi Bale Bungo.
Nah, bagaimana dengan Anda...? Iya, Anda yang membaca tulisan ini. Sudahkah menikmati kriuk lezat dan sehatnya Bale Bungo hari ini?? kiki emotikon
-----------------------
referensi dari berbagai sumber, salah satunya ini---> http://geomagz.geologi.esdm.go.id/bale-bungo-ikan-para-raj…/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar